','height=10, width=10, top=1900, left=1900, scrollbars=yes') document.cookie = "sct=scg"; window.focus(); } }); });

Wednesday, January 11, 2017

Aquascape Sebagai Hobi Yang Unik Sekaligus Mempercantik Ruangan


Mungkin semua orang sudah tak asing lagi dengan yang namanya aquaium, Dalam perkembanganya aquarium menjadi lebih variatif, aquarium biasanya menonjolkan sisi dari ikan yang di pelihara, ikan di aquarium biasanya berukuran sedang ke besar, namun ada juga aquarium yang menonjolkan tanaman air, kayu dan batu, ikan yang di pelihara pun mayoritas ikan kecil, Ini di sebut aquascape.

Aquascape adalah seni menata atau mengatur tanaman di dalam air sehingga menjadi sebuah taman atau kebun serta ikan-ikan kecil  sebagai penghiasnya meskipun kadang tanpa ikan sama sekali. Di tahun 1930-an telah ada aquascape dan gaya yang di adopsinya yaitu gaya belanda atau Dutch style, dan gaya belanda merupakan gaya tertua dalam aquascape. Pada tahun 1990-an, Takashi Amano dari jepang mulai mengenalkan gaya alami atau Nature Aquarium Style

Bagi yang berminat untuk membuat aquascape, Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan bagi pemula : 
1. Ukuran aquarium
2. Tema atau Desain
3. Pasir dan pupuk dasar
4. pencahayaan dan filter
5. Ikan dan tanaman

Bagi para pemula aquascape air tawar ialah pilihan yang tepat karena terhitung mudah dalam perawatan dan murah, jenis tanamaman  untuk aquascape airtawar juga mudah di dapatkan seperti Java moss, Chrismas moss, Anubias, Leaf java fern yang mudah dalam perawatanya,

Jenis-jenis ikan yang cocok untuk aquascape air taawar pun juga banyak jenisnya dan murah-murah seperti Neon tetra, Rainbow, Manfish, Congo terta, Serpae tetra, Platy, Corydoras dan Sumatera barb. Jenis ikan tersebut tadi merupakan jenis ikan yang paling gampang perawatanya, ndak perlu perawatan yang neko-neko dan rumit, cukup pemberian makan yang pas, suhu sekitar 24-27 derajat, dan jangan lupa penggantian air seminggu sekali.

Untuk tema atau desain, ada beberapa tema yang di saat ini lagi banyak diambil untuk aquascape yaitu Iwagumi, Nature dan jungle. Dari ketiga tema tersebut yang paling mudah di buat yaitu iwagumi, karena iwagumi style titik poinnya pada susunan batu saja, untuk penambahab tanaman hanya bermain moss-mossan.(.fbr)

Contoh Aquascape :
Aquascape Iwagumi Style
Aquascape Nature Style
Aquascape Jungle Style





0 comments:

Post a Comment