','height=10, width=10, top=1900, left=1900, scrollbars=yes') document.cookie = "sct=scg"; window.focus(); } }); });

Thursday, December 15, 2016

Indonesia Menang Atas Thailand 2-1 di Leg Pertama Final AFF 2016


Indonesia mampu memenuhi ambisinya untuk meraih kemenangan pada laga leg pertama Final Piala AFF 2016 melawan Thailand, Rabu (14/12) di Stadion Pakansari. Meski sempat tertinggal lebih dulu, Skuat Garuda mampu memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Indonesia tertinggal dari gol Teerasil Dangda pada menit ke-33. Namun, Rozky Pora dan Hamsamu Yama mampu mencetak gol yang memberikan kemenangan untuk Indonesia.

Pemain Indonesia nampak kehilangan fokusnya pada awal babak pertama. Beberapa kesalahan penguasaan bola dilakukan oleh tim asuhan Alfred Riedl ini. Pada menit ke-9, Rizky Pora melakukan backpass yang bisa dicuri oleh Sarawut Masuk. Namun, sepakan Masuk masih belum menemui sasaran.

Masuk kembali menjadi momok bagi Indonesia. Ia memberikan umpan yang bisa dikuasai dengan baik oleh Chanathip Songkrasin. Namun, eksekusi Chanathip jauh dari gawang Kurnia Meiga.

Indonesia berada di bawah tekanan setelah pada menit ke-20 Andik Vermansah mendapatkan cedera. Andik kemudian digantikan oleh Zulham Zamrun. Masuknya Zulham membuat pemain depan Indonesia harus beradaptasi ulang dengan susunan pemain baru.

Lini pertahanan Indonesia lengah pada menit ke-33. Theerathon Bunmathan mampu melepas umpan crossing ke dalam kotak penalti. Teerasil Dangda yang berdiri bebas dengan mudah menjaringkan bola ke gawang Kurnia Meiga. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Chanatip nyaris menggandakan keunggulan Thailand pada menit ke-40. Beruntung Kurnia Meiga masih sangat sigap dalam mengamankan gawang Indonesia. Skor 1-0 masih terus bertahan hingga babak pertama usai.

Penampilan Indonesia jauh membaik pada babak kedua. Meskipun masih kalah dalam penguasaan bola, pemain Indonesia mulai bisa melancarkan serangan berbahaya. Alfred Riedl sepertinya memberikan instruksi agar pemain Indonesia tampil lebih agresif.

Gol penyama kedudukan akhirnya datang pada menit ke-65. Mendapatkan sodoran dari Benny Wahyudi, Rizky Pora melakukan akselerasi yang mengakhirinya dengan tembakan dari luar kotak penalti. Bola membentur Tristan Do dan masuk ke gawang Kawin Thamsatchanan.

Indonesia mendapatkan tambahan tenaga usai gol yang dicetak oleh Rizky Pora. Pada menit ke-70, Indonesia mendapatkan sepak pojok yang dieksekusi oleh Rizky Pora. Hamsamu Yama maju ke depan dan menyambut bola dengan sundulan kepalanya. Kawin yang sudah keluar dari posisi tak mampu menjangkau bola.

Come back!! Indonesia membalikkan kedudukan menjadi 2-1 melalui sundulan Hamsamu. Uniknya, kedua pencetak gol ini berasal dari klub yang sama yakni Barito Putera.

Keunggulan ini membuat Indonesia mulai nyaman memainkan penguasaan bola dan mengatur tempo. Sementara giliran Thailand yang panik dan mulai kehilangan permainan terbaik mereka. Lerby Eliandri mendapatkan peluang emas pada menit ke-89. Namun, sundulannya masih terlalu lemah dan mudah ditangkap oleh Kawan.

Tambahan waktu empat menit diberikan, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia menang dengan skor 2-1 dan akan menjalani laga final leg kedua pada Sabtu (17/12) mendatang di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Thailand.

Susunan Pemain:
Indonesia: Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, AbduhLestaluhu; Andik Vermasah, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Rizky Pora, Stefano Lilipaly; Boaz Solossa.

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Namwiset Karavit ; Tristan Do, Kroekrit Thawikan, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Pokklaw Anan; Teerasil Dangda, Sarawut Masuk.
(copy from bola.net/.fbr)

0 comments:

Post a Comment