','height=10, width=10, top=1900, left=1900, scrollbars=yes') document.cookie = "sct=scg"; window.focus(); } }); });

Wednesday, December 14, 2016

Kopi Diminum Sebelum Berolahraga, Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Stamina


Meminum kopi sebelum olahraga ternyata dapat meningkatkan performa dan menurunkan berat badan, studi menunjukkan.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, menemukan bahwa atlet terlatih yang meminum kafein sebelum latihan dapat membakar sekitar 15 persen kalori lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum plasebo. Dosis yang memicu efek tersebut adalah 4,5 mg kafein per kilogram berat badan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kopi sebelum memulai latihan, berikut ini adalah lima alasannya, seperti dilansir dari Health.

1. Meningkatkan sirkulasi
Kafein menyebabkan peningkatan aliran darah 30% selama 75 menit, ini sangat berdanpak baik pada olahraga anda.

2. Nyeri hanya sedikit
Kafein dapat membantu Anda melakukan latihan kekuatan sedikit lebih keras, sehingga akan menghasilkan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot yang lebih baik

3. Memori yang lebih baik
Kafein dapat meningkatkan memori hingga 24 jam setelah diminum, Keuntungan ini juga sangat baik ketika dipakai saat berolahraga, terutama ketika mereka perlu mengingat suatu latihan khusus.

4. Memelihara otot
Kafein dapat membantu mempertahankan kebugaran secara keseluruhan dan mengurangi risiko cedera yang berkaitan dengan usia, dalam latihan intensitas sedang.

5. Lebih banyak bahan bakar untuk otot
menggabungkan kafein dan karbohidrat secara bersamaan akan menghasilkan peningkatan sebanyak 66 persen dalam glikogen otot, empat jam setelah latihan intens. Glikogen adalah bentuk karbohidrat yang akan ditimbun otot dan berfungsi sebagai energi cadangan yang disimpan selama latihan untuk menambah kekuatan dan ketahanan. Namun jangan berfikir untuk meminum kopi banyak-banyak, sesuati yang berlebih itu tidak pernah ada baiknya.

Dalam catatan:  

1. Jangan berlebihan
Jumlah maksimum kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa latihan dengan efek samping minimal yaitu 6 mg per kg berat badan, sekitar 400 mg per hari untuk seorang wanita dengan berat badan 150 pon.

2. Menggabungkannya dengan cara yang sehat
Dokter mungkin menyarankan agar kopi dicampur dengan susu almond atau kayu manis, daripada krim dan gula.

3. Konsisten dengan asupan kopi Anda
Penelitian menunjukkan, ketika asupan kafein stabil, tubuh Anda akan menyesuaikan dirinya, sehingga dapat mengurangi dehidrasi walaupun mereka merupakan diuretik alami. Dengan kata lain, jangan minum kopi dua atau empat cangkir dalam satu hari.(.fbr)

0 comments:

Post a Comment