','height=10, width=10, top=1900, left=1900, scrollbars=yes') document.cookie = "sct=scg"; window.focus(); } }); });

Monday, May 4, 2020

Perhatikan Beberapa Hal Berikut : Informasi Hoax Tentang Covid-19



Di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona, informasi hoaks bisa saja disebar sehingga menimbulkan keresahan.

Agar terhindar dari informasi hoaks, setidaknya Anda bisa mengenali ciri-ciri informasi yang tidak benar tersebut. Dengan mengenali ciri-ciri informasi hoaks, Anda menjadi lebih berhati-hati untuk tidak berbagi informasi yang salah.

Dikutip Theconversation, okezone, pesan-pesan ini mungkin mengandung informasi dan saran yang tidak berguna, tidak benar atau bahkan berbahaya, yang dapat menghambat respon kesehatan masyarakat dan menambah gangguan serta perpecahan sosial.

Untuk mengenali ciri informasi hoaks, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut.

Menyerupai Akun Resmi

Beberapa akun palsu meniru akun resmi. Sebagai contoh, akun Twitter tidak resmi @BBCNewsTonight dibuat agar terlihat seperti akun @BBCNews yang sah, berbagi cerita palsu tentang aktor Daniel Radcliffe yang dites positif terkena coronavirus.

Dorongan Berlebihan untuk Berbagi

Berhati-hati bila pesan menekankan Anda untuk membaginya kepada orang lain. Ini bisa menjadi ciri bagaimana trik dalam pengiriman pesan viral.

Logo

Periksa apakah logo organisasi digunakan di pesan itu terlihat sama dengan yang ada di website resmi.


Sumber

Pertanyakan sumber ketika Anda menerima informasi tentang virus corona atau COVID-19. Referensi harus jelas apakah dari ahli, dokter atau peneliti di universitas. Periksa website resmi bila memungkinkan.

Gunakan Situs Cek Fakta

Website seperti APFactCheck dan Full Fact menyoroti berita umum palsu. Anda juga dapat menggunakan mesin pencari untuk mencari judul artikel untuk melihat apakah artikel tersebut telah diidentifikasi sebagai berita palsu oleh media arus utama.

Kesalahan Bahasa

Jurnalis dan organisasi resmi mungkin lebih sedikit melakukan kesalahan dalam pengucapan atau grammar. Apa pun yang ditulis seluruhnya dalam huruf kapital atau mengandung banyak tanda seru harus menimbulkan kecurigaan Anda.

0 comments:

Post a Comment